Penyelesaian Sengketa Informasi

Penyelesaian Sengketa Informasi

Post Title

Mekanisme Penyelesaian Sengketa Informasi:

1. PPID yang akan menolak memberikan informasi publik yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dengan prosedur sebagai berikut:
⦁ PPID mempersiapkan daftar pemohon dan/atau pengguna informasi yang akan ditolak;
⦁ PPID mengadakan rapat koordinasi dengan melibatkan SKPD yang terkait paling lambat 3 hari kerja setelah surat permohonan diterima PPID;
⦁ Hasil keputusan rapat koordinasi dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh seluruh peserta rapat;
⦁ Hasil keputusan rapat didokumentasikan secara baik.

2. PPID yang akan memberikan tanggapan atas keberatan yang disampaikan pemohon informasi publik secara tertulis:

⦁ PPID mempersiapkan daftar keberatan yang disampaikan pemohon dan/atau pengguna informasi;
⦁ PPID mengadakan rapat koordinasi dengan melibatkan SKPD yang terkait paling lambat 3 hari kerja setelah surat permohonan diterima PPID;
⦁ Hasil keputusan rapat koordinasi dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh seluruh peserta rapat;
⦁ Hasil keputusan rapat didokumentasikan secara baik.

3. Penyelesaian sengketa informasi
⦁ PPID menyiapkan bahan-bahan terkait sengketa informasi;
⦁ PPID menyusun kajian dan pertimbangan hukum untuk disampaikan kepada Atasan PPID;
⦁ Pada saat sengketa informasi berlanjut ke Komisi I nformasi , PTUN, dan MA, maka PPID melakukan pendampingan hukum untuk penyelesaian sengketa informasi.



Berita Terkini


Agenda



Polling

Bagaimana Pendapat Anda Mengenai Kinerja Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota saat ini?
Sangat Baik
Baik
Cukup Baik
Buruk
Sangat Buruk

LIHAT