Berita Terkini

Bupati Irfendi Arbi Kembali Raih Apresiasi Proklim

Post Title

Limapuluh Kota,Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi kembali mengoleksi prestasi tingkat nasional. Kali ini ia sukses meraih Apresiasi Pembina Program Kampung Iklim (Proklim) untuk kedua kalinya dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Penghargaan bergengsi itu diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya di Auditorium Manggala Wanabhakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jakarta, Rabu (2/10).

Predikat bergengsi itu berhasil dikoleksi Irfendi Arbi karena ia dinilai telah mendukung pelaksanaan Program Kampung Iklim di daerahnya. Selain tahun 2019, sebelumnya Irfendi Arbi juga sukses merebut predikat Pembina Proklim tahun 2018.

Irfendi Arbi yang dimintai keterangannya mengaku sangat bersyukur meraih penghargaan nasional itu. Ia berharap prestasi tersebut menjadi motivasi bagi seluruh pihak di Limapuluh Kota untuk menciptakan kampung program iklim.

“Penghargaan ini merupakan penghargaan bagi masyarakat Limapuluh Kota. Kita sangat bersyukur kepada Allah SWT dengan diperolehnya penghargaan ini dan berterimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi menjaga lingkungan hidup dan mewujudkan ProKlim di Kabupaten Limapuluh Kota,” ujar Irfendi.

Irfendi Arbi berharap, dengan adanya kegiatan ProKlim menjadikan masyarakat lebih memahami perubahan iklim dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat itu sendiri..

Terpisah berbagai elemen masyarakat di daerah ini mengapresiasi Irfendi Arbi. Menurut mereka selama ini Bupati Irfendi Arbi sudah cukup banyak mendulang prestasi nasional.

“Saya mengacungi jempol buat Bupati Irfendi Arbi yang kembali meraih apresiasi Pembina Proklim dari Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI,” ungkap Akmul DS, S.Pdi Dt. Rajo Bagindo tokoh masyarakat yang juga Ketua Dewan Masjid Kabupaten Limapuluh Kota.

Menurut Akmul DS, apresiasi Pembina Proklim itu tentu menjadi bukti Bupati Irfendi Arbi konsisten membangun dan mendukung pelaksanaan kampung proklim di daerahnya. Penghargaan itu patut diapresiasi dan dibanggakan.

Terpisah Wali Nagari Talago Kecamatan Guguak Yon Hendri dan Kepala Jorong Koto Kociek Khairul Andri juga senada mengapresiasi bupati Irfendi Arbi.

“Kita mengapresiasi Bupati Irfendi Arbi yang kembali sukses mengukir prestasi nasional dengan meraih penghargaan Pembina Proklim tersebut. Selama ini bupati memang sering mengajak masyarakat termasuk di Kenagarian VII Koto Talago agar mengelola lingkungan secara baik dan peka terhadap perubahan iklim,” ungkap Yon Hendri dan Khairul Andri.

Apresiasi serupa juga terlontar dari pemuka masyarakat lainnya seperti dari Ketua Bamus Guguak VIII Koto Fakhri Dt. Sumu dan tokoh masyarakat Ulu Aia Kecamatan Harau M. Amin.

Sebelumnya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam sambutannya usai menyerahkan penghargaan itu menyebut, sesuai tema acara yakni “Emisi Menurun Indonesia Maju Pertahanan Iklim” maka Proklim diharapkan dapat mempertahankan ekonomi dan ekosistem serta iklim yang menjadi target nasional.

Menteri Siti Nurbaya juga berharap, para kepala daerah untuk terus membawa perubahan dan menyebarluaskan semangat perubahan iklim di tingkat terbawah.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Limapuluh Kota dr. Adel Noviarman menyebut, penghargaan Pembina Proklim tersebut sudah dua kali diraih Bupati Irfendi Arbi. Ke depannya pihaknya akan terus mensipongangkan isu perubahan iklim dan memberdayakan Proklim di tengah masyarakat. (gun)

 




Berita Terkini


Agenda



Polling

Bagaimana Pendapat Anda Mengenai Kinerja Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota saat ini?
Sangat Baik
Baik
Cukup Baik
Buruk
Sangat Buruk

LIHAT