Berita Terkini

Irfendi Arbi: Canangkan Hidup Sehat Tugas Kita Bersama

Post Title

LIMAPULUH KOTA,--- Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Jambore Saka Bakti Husada tahun 2019 di Sarasah Bunta, Tarantang, Kecamatan Harau, Sabtu (28/9).

"Melakukan pola hidup sehat merupakan tugas kita bersama. Pencegahan harus dilakukan sejak usia dini," ujar bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi membuka kegiatan tersebut. Turut hadir, Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Ketua TP-PKK Limapuluh Kota, Monalisa, Kepala-kepala OPD, serta ratusan peserta Saka Bhati Husada.

Menurutnya, banyak yang mesti dilakukan dalam mewujudkan kehidupan yang sehat bagi masyarakat di Limapuluh Kota. Salah satunya, dengan melakukan aktifitas fisik dengan berolahraga, perbanyak konsumsi sayur dan buah, serta rutin melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan.

"Kemudian, melakukan peningkatan edukasi hidup sehat dan kualitas lingkungan dalam melakukan pencegahan deteksi dini penyakit,"ujarnya.

Irfendi Arbi juga mengajak setiap masyarakat melakukan penyediaan pangan sehat dan percepatan gizi dalam kehidupan berkeluarga. Salah satu pencegahan tersebut yakni, dengan tidak melakukan pembakaran hutan yang berakibat merusak kesehatan masyarakat.

"Kita semua harus menjadi pelopor terutama dinas kesehatan, perbanyaklah melakukan bakti sosial kepada masyarakat, karena pencegahan itu penting" sebutnya.

Sementara itu, kepala dinas kesehatan provinsi Sumbar dalam hal ini disampaikan, Desra Elena berharap kegiatan germas ini benar-benar dilaksanakan masyarakat.

 "Kegiatan Germas harus terus berjalan.Kalau masyarakat sudah melaksanakan Germas  harapannya nanti akan bermuara pada peningkatan kesehatan warga,"ujarnya. 

Dengan kata lain,  kesehatan warga tetap terjaga, masyarakat lebih produktif dan menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan sehat yang pada akhirnya akan mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera.

"Mari, budayakan pola hidup sehat agar badan segar bugar juga kuat rutin olahraga, jangan lupa cek kesehatan, Jauhi rokok, alkohol serta narkoba karena itu sungguh berbahaya. 

Terakhir, jadilah generasi kreatif makanlah makanan dengan gizi seimbang, karena hidup sehat dimulai dari kita,"tutupnya.

Pencanangan germas ini juga dilakukan berbagai rangkaian kegiatan. Diantaranya, penandatanganan komitmen bersama, gerakan masyarakat hidup sehat oleh seluruh OPD Limapuluh Kota, penyerahan bantuanpangan untuk balita serta penyerahan alat edukasi Posyandu. (dho)


Sumber: setda.limapuluhkotakab.go.id



Berita Terkini


Agenda



Polling

Bagaimana Pendapat Anda Mengenai Kinerja Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota saat ini?
Sangat Baik
Baik
Cukup Baik
Buruk
Sangat Buruk

LIHAT